19/10/2017

Sayur Umbut.

Bagi masyarakat umum, mungkin agak asing mendengar yang namanya sayur umbut. Tapi bagi masyarakat Melayu yg berada di Kabupaten Rokan Hilir - Riau, adalah merupakan suatu kebiasan.

Sayur umbut memang sangat sederhana, dan cara memasaknyapun juga sederhana, tapi untuk mendapatkan umbut tersebut prosesnya agak susah. Karena tdk ada dijual di pasar ataupun di tukang-tukang sayur. Kalaupun kita ingin mendapatnya, kita harus berani mengorbankan sebatang pohon kelapa. Karena dari pohon tersebutlah umbut itu didapat.

Dahulu, pada acara pernikahan, sayur umbut sering di temukan. Tapi pada masa sekarang, sayur umbut sudah jarang dijumpai, karena susahnya mendapatkan bahannya, disamping proses pengambilannya juga tergolong susah, ditambah lagi pohon-pohon kelapa yang juga tidak lagi sebanyak pada masa dulu. Jadi orang-orang sekarang lebih suka memilih yang mudah didapat seperti dengan cara membeli sayur-mayur yang banyak terdapat di pasar-pagi ataupun di warung-warung.

Tapi jika anda ingin mencobanya. Silakan simak pembahasan selanjutnya.

Cara mengambilnya : Pohon kelapa di tebang (ditumbang). Kemudian dibuang pelepahnya. Lalu diambil bonggolnya yang masih muda dan lembut yang berada didalam atau ditengah-tengah dibawah pucuk, yaitu cikal bakal yang akan menjadi pucuk. Bonggol yg masih muda dan lembut tersebutlah dinamakan dengan UMBUT (dalam bahasa Rokannya "umbuik").

Cara membuat sayur umbut :
Umbut di potong-potong kecil berukuran sekitar 3x2x1cm. Kemudian masukkan kedalam panci yg telah berisi santan yg telah dipanaskan bersama irisan bawang, jahe dan cabe. Dan jangan lupa menambahkan udang copai (udang kering halus). Lalu tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai dgn selera. Biarkan sampai umbut agak empuk. Setelah empuk, lalu angkat dan siap untuk dihidangkan.

Selain umbut kelapa, umbut Sawit juga bisa dimasak seperti umbut kelapa. Bedanya, umbut kelapa agak lebih manis bila dibandingkan dengan umbut sawit.

Bagi anda yang ingin merasakan seperti apa rasanya, silakan mencobanya sendiri.

Maaf tidak menampilkan resepnya secara komplit.

Tidak ada komentar: